BIOLOGI

19 04 2009

Karakteristik Mata Pelajaran Biologi
Mata pelajaran Biologi berdasarkan standar isi masuk ke dalam rumpun mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi (IPTEK), memiliki karakteristik antara lain:
a. Mata pelajaran Biologi mempelajari permasalahan yang berkaitan dengan fenomena alam baik secara kuantitatif maupun kulaitatif dan berbagai permasalahan yang terkait dengan penerapannya untuk mebangun teknologi guna mengatasi permasalahan dalam kehidupan masyarakat.
b. Struktur keilmuan Biologi menurut BCS (BiologycaL Science Curicullum Study), Biologi memiliki objek studi berupa kerajaan (kingdom): 1) Plantae;2) Animalia (Hewan);3) Protista. Ketiga objek tersebut dikaji dari tingkat molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, komunitas sampai tingkat bioma. Adapun persoalan yang dikaji meliputi Sembilan tema dasar yaitu 1) biologi (sains); 2) sejarah konsep biologi; 3) evolusi; 4) keanekaragaman dan keseragaman; 5) genetic; 6) organism dan lingkungan; 7) perilaku; 8) struktur dan fungsi dan 9) regulasi.
c. Pembelajaran Biologi memerlukan kegiatan penyelidikan/ eksperimen sebagai bahan dari kerja ilmiah yang melibatkan keterampilan proses yang dilandasi sikap ilmiah. Selain itu pembelajaran Biologi mengembangkan rasa ingin tahu melalui penemuan berdasarkan pengalaman langsung yang dilakukan melalui ker ja ilmiah untuk menemukan fakta, membangun konsep, prinsip, teori dan hukum sehingga peserta didik dilatih untuk berpikir kreatif, kritis, analitis dan divergen sehingga diharapkan dapat membentuk sikap siswa dalam kehidupan sehari-hari menyadari keindahan, keteraturan alam dan meningkatkan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
d. Keterampilan proses dalam Biologi mencakup keterampilan dasar dan keterampilan terpadu. Keterampilan dasar meliputi keterampilan mengobservasi, mengklarifikasi, berkomunikasi, melakukan pengukuran matriks, memprediksi, menyimpulkan dan menafsirkan. Keterampilan terpadu mengidentifikasikan variable, menentukan variable operasional, menjelaskan hubungan antar variable, menyusun hipotesis, merancang prosedur dan melaksanakan eksperimen untuk mengumpulkan data, menganalisis data, menyajikan hasil penyelidikan dalam bentuk table/grafik serta mengkomunikasikannya secara lisan maupun tertulis.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: