PRODUK LEBAH MADU

6 04 2009

Aneka Produk Lebah Madu dan Manfaatnya
1    Produk Lebah  Madu yang Utama
Hasil utama produksi Lebah Madu (Apis sp) adalah madu. Madu merupakan zat manis alami yang dihasilkan Lebah dengan bahan baku nectar bunga, sumber bahan dan energy yang diubah menjadi lemak dan glikogen. Nektar sendiri merupakan senyawa kompleks yang dihasilkan kelenjar tanaman dalam bentuk larutan gula. Lebah Madu memperoleh sebagian energy dari karbohidrat dalam bentuk gula.
Perubahan nectar menjadi madu dimulai ketika lebah pekerja membawa nectar ke sarang lalu diberikan kepada lebah pekerja lain untuk dicampur dengan air liur di mulut dan dihilangkan airnya untuk mencegah terjadinya peragian. Lebah pekerja mengunyah sambil menambah diastase atau invertase, lalu memproses bahan tadi menjadi madu. Bentuk madu berupa cairan kental berwarna bening atau kuning pucat sambil kuning kecoklatan. Rasanay manis dengan aroma yang enak dan segar. Madu memiliki kandungan-kandungan terpenting bagi kesehatan tubuh manusia diantaranya 294 kalori; 9,5 gram karbohidrat; 24 gr air; 16 mg fosfor; 5 mg kalsium; dan 4 mg vitamin C. dalam madu juga terdapat substan-substan mineral seperti natrium, magnesium, besi dan kalium. Juga ada vitamin-vitamin dan hormon yang berguna untuk proses metabolism tubuh. Kandungan gulanya juga sangat tinggi seperti 415 fruktosa, 35% glukosa, 1.9 % sukrosa dan kandungan lain seperti tepung sari ditambah aneka enzim pencernaan, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan antibiotika.
Sebagai produk organic, madu sudah banyak digunakan sejak zaman peradaban Mesir, Yunani dan Romawi untuk berbagai bumbu masakan bahkan untuk mnegawetkan jenasah. Berikut adalah manfaat madu bagi kehidupan manusia:
a.    Sebagai Food Supllement
Menurut sebuah sumber kepustakaan setiap 1000 gram madu bernilai 3.280 kalori. Nilai 1 kg madu sama dengan 20 butir telur atau 5,575 liter susu atau 1,680 kg daging. Kandungan yang terdapat dalam madu dapat digunakan sebagai pengibatan tradisionl, antibody, dan penghambatan pertumbuhan sel kanker (tumor).
Untuk kandungan asam dalam madu seperti asam glikolat, asam format, asam laktat, asam sitrat, asam asetat, asam oksalat, asam oksalat, asam malat dan asam tartarat bermanfaat bagi kesehtan terutama kesehatan metabolism, bahkan dalam asam laktat mengandung zat laktobasilin yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker atau tumor.
Asam amino bebas dalam madu dapat mampu menyembuhkan penyakit dan bahan pembentukan neurotransmitter atau senyawa yang berfungssi untuk mengoptimalkan fungsi dari otak.
Beberapa kandungan mineralnya seperti
–    tembaga (Cu) yang berkaitan dengan  hemoglobin dan kekurangan zat yang menyebabkan berkurangnya ketahanan tubuh dan memicu meningkatnya kadar kolesterol.
–    Mangan (Mn) yang berfungsi sebagai antioksidan dan berpengaruh dalam pengontrolan gula darah serta mengatur hormone tiroid.
–    Magnesium (Mg) berperan penting dalam dalam mengaktifkan fungsi replikasi sel, protein dan energy
–    Iodium (I)  berguna bagi pertumbuhan dan membantu pembakaran kelebihan lemak dalam tubuh.
–    Seng (Zn) berguna bagi ketahanan tubuh
–    Kalsium (Ca) dan Fosfor (F) berguna bagi pertumbuhan tulang dan gigi
–    Besi (Fe) membantu proses pembentukan sel darah merah.
–    Molibdenum yang berfungsi sebagai pencegah anemia dan penawar racun
Madu merupakan food supplement yang berkhasiat karena mengandung monosakarida yang terdiri atas glukosa dan fruktosa. Karena kandungannya, tidak heran jika madu bias digunakan pengobatan dan makanan suplemen bagi mereka yang sedang diet. Pada saat diminum madu langsung diserap darah sehingga cepat menghasilkan tenaga.
b.    Sebagai Obat
Untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit ringan maupun kronis dapat digunakan madu karena di dalam madu terdapat zat antiseptic yang dapat diminum bagi penderita radang tubuh.
Fungsi madu alami sesungguhnya tidak kalah penting dengan obat sakit kepala di zaman sekarang. Rasa manis madu alami dapat mengurangi rasa sakit karena gula yang terkandung di dalamnya dapat memproduksi serotonim lebih banyak dalam otak. Serotonim adalah suatu senyawa kimia yang mampu menenagkan aktivitas otak, sehingga bagi yang mengkonsumsi madu alami bias merasa lebih rileks dan tidur nyenyak.
Kandungan asetilkolin dalam madu dapat membantu melancarkan peredaran darah atau juga dapat mengurangi tekanan darah yang terlalu tinggi (hipertensi). Selain itu juga dapat mengatasi nberbagai gejala dan gangguan penyakit seperti panas dalam, flu, demam, masuk angin, serangan jantung, lever dan lainnya.Madu alami juga berkhasiat untuk mengobati luka bakar,

c.    Baik Untuk Diabetes
Diabetes adalah cact seumur hidup yang diakibatkan karena pancreas tidak dapat menghasilkan insulin secara normal sehingga zat karbohidrat tidak semuanya dapat diubah menjadi tenaga sisanya menumpuk dalam darah yang selanjutnya keluar dari tubuh bersama air seni.
Madu merupakan sumber karbohidrat istimewa karena dapat diolah menjadi energy tanpa bantuan insulin. Penderita diabetes mellitus yang rajin eminum madu, tubuhnya akan bertenaga dan tidak gampang lelah. Kadar gula terkendali asalkan minum madu diberengi dengan pengurangan makan nasi dan karbohidrat lainnya. Namun madu hanya dapat mengendalikan atau mengatasi kadar gulanya saja., diabetes melitusnya sendiri tidak sembuh.
Oleh para dokter penderita kencing manis disarankan untuk tidak mengkonsumsi madu karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Padahal, justru unsure yang teroksidasi yang terkandung dalam madu mampu menjadi pengurai gula di dalam darah sehingga tidak dapat membuat kadar gula menjadi tinggi. Madu kaya akan vitamin B1, B5,G dan 100 unsur yang berbeda lainnya dianggap sangat urgen bagi tubuh manusia khususnya bagi penderita diabetes mellitus.
Meski dalam madu terdapat 16 tipe gula tetapi dextrose dan levulosa justru yang paling dominan. Gula yang terdapat dalam madu dikatakan dengan “gula sederhana” atau predisgeted sehingga dapat diserap cepat oleh tubuh dan menghasilkan energy instan. Berbeda dengan gula biasa yang diminum (gula sukrosa) yang perlu dicerna dalam tubuh dengan bantuan insulin yang dihasilkan kelenjar pancreas kemudian baru diserap sebagai energy.

d.    Sebagai Perawat Kecantikan
Dalam bidang kosmetik dan kesehatan kulit, peran madu alami saangat penting sebagai bahan kecantukan seperti lulur. Karena madu dapat melembabkan kulit dan memberikan gizi pada kulit. Selain itu madu memiliki daya antibiotic untuk membunbuh dan menghilangkan kuman dalam lubang atau pori-pori kulit serta pada permukaan kulit. Secara higroskopis membersihkan wajah dengan madu alami baik langsung maupun tidak langsung maka segala kotoran yang yang biasa menempel dan sering mengganggu kelancaran kerja saluran keringat dapat dilarutkan hingga lancer dan bersih. Dengan begitu, berbagai jenis penyakit atau keripu dan bintik-bintik hitam pada wajah dapat hilang dengan cepat.
Sebuah penelitian para ahli kecantikan pernah menyimpulkan masker dari campuran madu dan putih telor berkhasiat utnuk mengencangkan kulit. Kandungan mineral dalam madu dan putih telor memberikan nutrisi pada lapisan kulit dalam dan luar. Sebagai zat higroskopis, madu berfungsi sebagai penyerap racun dan kotoran dalam kulit.

2    Produk Lebah Madu yang Lain
Selain menghasilkan madu dari nectar bunga, lebah madu juga menghasilkan produk yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.antara lain :
a.    Propolis
Propolis (lem lebah) dibuat dari getah yang dikumpulkan lebah pekerja dari pucuk-pucukpohon dan kuncup bunga tertentu. Getah diproses dalam mulut lebah sampai menghasilkan lem. Bagi lebah madu lem ini bertujuan untuk melindungi dan menghangatkan sarang pada saat musim dingin, le mini digunakan untuk merekatkan gumpalan-gumpalan lilin.
Sifat desinfektan propolis yang sangat ampuh dibuktikan dengan ditemukannya seekor tikus yang mati dalam sarang lebahlebih dari lima tahun tidak mengalami  pembusukan. Jadi ketika tikus masuk ke sarang lebah kemudian dibunuh oleh lebah pekerja, karena lenah pekerja tidak bisa mengeluarkan bangkai tikus maka lebah membungkusnya dengan propolis.
Propolis merupakan senyawa kompleks yang terdiri dari 55% resin, 30% lilin lebah, 10% minyak aromatic dan 5% bee pollen. Kandungan propolis adalah semua vitamin kecuali vitamin K, semua mineral kecuali sukfur, 16 rantai asam amino essential yang dibutuhkan untuk regenerasi sel dan bioflafanoid yaitu zat antioksidan sebagai suplemen sel. Dalam satu tetes propolis setar dengan bioflavanoid yang dihasilkan 500 buah jeruk.
Dalam dunia pengobatan lem lebah berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar air seni, sebagai anti virus dan tumor, sebagai zat wangi.
Propolis juga sangat berperan dalam melawan kanker. Propolis mengandung zat CAPE (Asam Cafeic Phenetyl Esther), berbeda dengan kerja obat interferon yang membunuh virus juga merusak sel sehat, sehingga pengobatan kanker sering kali menimbulkan pengaruh buruk kepada pasien. Berbeda dengan propolis zat CAPE menekan transformasi DNA-RNA virus sehingga memungkinkan virus menjadi tidak berkembang dan merusak jaringan virus. Propolis banyak digunakan dalam industri farmasi sebagai obat luka. Dalam dunia industri digunakan sebagai plester dan lak.

b.    Royal Jelly
Royal jelly (sari madu) merupakan cairan putih berupa jelly atau krim susu dengan rasa asam. Royal jelly ini jadi makanan larva lebah dan lebah ratu sehari-hari yang memacu lebah ratu untuk bisa bertelur.
Pemanfaatan royal jelly masih terbatas pada masyarakat menegah ke atas karena produk ini harganya mahal. Bahan baku royal jelly adalah tepung sari tanaman dan sari madu yang merupakan hasil kelenjar hipofaring lebah pekerja muda, mengandung berbagi macam vitamin B, H dan E.
Royal jelly memiliki kandungan gizi yang tinggi berupa 45% protein, 13% lemak, 20& garam mineral dan sisanya merupakan aneka vitamin. Juga mengandung enzim pencernaan, hormone gonatropin yang bisa menstimulir organ reproduksi ratu dan pemasakan telur, antibiotika germisidin yang dapat mencegah pertumbuhan jamur dan mikroorganisme.
Nutrisi royal jelly bisa menggantikan sel-sel tubuh yang mati dan memelihara kebugaran tubuh, mempertahankan keperkasaan lelaki. Vitamin H yang terdapat dalam royal jelly dapat berfungsi sebagai pengatur lemak dan protein dalam tubuh, memperlancar proses asimilasi, mengaktifkan kembali kelenjar tubuh yang tidak bisa bekerja normal serta menghilangkan rasa lelah.

c.    Pollen (Tepung Sari)
Bagi lebah pollen berfungsi sebagai pembentuk, pertumbuhan dan pengganti sel yang rusak. Jika berlebihan pollen akan disimpan dalam sarang dan digunakan saat pollen di lapangan langka. Pollen sangat penting sebagai sumber makanan utama selain air dan karbohidrat. Di dalam pollen terdapat vitamin A, B, C, D, dan E. Selain itu pollen juga mnegandung asam amino seperti prolenne, asam glutamate dan asam aspartat. Kadar protein yang disimpan dalam sarang juga cukup tinggi. Secara garis besar, pollen sebagai sumber protein dan nectar sebagai sumber karbohidrat bagi lebah.
Pollen berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan dan menghaluskan kulit wajah, menurunkan kolesterol, memperlancar fungsi pencernaan, mengobati asma, mencegah pendarahan otak, melindungi selaput jantung dan dikonsumsi untuk penderita diabetes dan untuk memperpanjang umur.
Para ilmuwan dari laboratorium Bonny di Jenewa menemukan bahwa serbuk sari mengandung 35% protein di mana setengah dari jumlah ini adalah asam amino bebas yang dapat langsung diserap tubuh. 40% merupakan berbagai jenis gula, 5 % berbagai jenis lemak, 3 % mineral dan oligoelemen (pembawa kalsium, fosfor, magnesium, ferum, cuprum dan mangan) dan 3-4% air. Kesemuanya berjumlah 86%, sisanya 14% terdiri dari zat0zat penting yang baru teridentifikasi seperti amina, asam nikotinat, asam pantotenat, asam folat dan biotin.

d.    Lilin atau malem Lebah (Bee wax)
Malam lebah merupakan hasil metabolism dari kelenjar malam yang dimiliki oleh lebah. Hasil metabolism itu dikeluarkan (diekskresikan)  melalui ruas-ruas bagian abdomen. Lilin lebah dihasilkan oleh lebah pekerja yang berusi 12 hari atau lebih.
Warna lilin lebah bervariasi mulai dari putih sampai orange bersih. Lilin lebah mengandung senyawa organic hidrokarbon jenuh, ester dan alcohol. Pemanfaatan lilin ini anatara lain sebagai bahan dasar batik tulis, membuat salep (kosmetik), plester, kain pembalut.

e.    Apitoxin (Racun Lebah)
Apitoxin atau racun lebah merupakan racun yang dibuat lebah pekerja, berbentuk cairan bening, dan cepat mongering. Racun lebah adalah suatu bentuk perubahan dari alat pengantar telur sebagai sengat yang berfungsi sebagai pengahalau musuhnya jika mendekati sarang.
Sengatan dapatmenimbulakan rasa sakit, lalu bengkak Karen apengaruh racun. Manusia yang disengat 450-500 ekor lebah bisa mati seketika karena mengalami paralisa pernafasan. Sengatan dalam jumlah tertentu beberapa penyakit seperti rematik, neuritis, asma, hipertonik, poliarthritis, sakit kepala karena gangguan syaraf, kencing manis, arthritis, rematik, pegal-pegal, sakit gigi, nyeri punggung, migraine, asam urat, susah tidur dan impotensi.
Di Cina, sengatan lebah sering digunakan dalam pengobatan akupuntur. Pemakaian racun lebah sebagai obat harus hati-hati karena tidak bisa diberikan kepada orang yang memiliki penyakit tertentu seperti penyakit jantung dan alergi (hipersensitif). Karena itu, penggunaan racun lebah harus berdasarkan indikasi yang tepat. Istilah populernya untuk pengobatan yang memakai racun lebah adalah BVT (bee venom therapy).
Racun lebah mengandung minimal 18 senyawa aktif seperti apamine, melittine, phospholipase, hyaluronidase, adolapin, histamine, dopamine, norepinefrine dan seratonin. Beberapa pengobatan alternatif mengkhususkan diri pada penerapan metode pengobatan dengan menggunakan berbagai bahan yang ada dalam komunitas lebah dan sengatan lebah menjadi sajian utama. Salah satu teknik terapi adalah senagatan lebah dan bisa lebah pada 400-an titik di atas tubuh manusia.
Pengobatan dengan metode ini sudah diakui Badan Kesehatan Dunia, WHO (World Health Organization), dan di Indonesia sudah dikenal sejak puluhan tahun silam. Sengatan lebah bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti penyakit ambeien, kanker dan stroke.
Hasil penelitian para ahli bidang kultifar menyebut, ada 60 jenis penyakit yang diderita manusia dapat disembuhkan dengan sengatan lebah. Sengatan lebah merupakan racun yang dibuat oleh lebah pekerja dan berbentuk cairan kuning dan cepat mengering. Manfaatnya untuk mengobati penyakit seperti kencing manis, rematik, pegal-pegal, sakit kepala, sakit gigi, nyeri punggung, migrain, asam urat, susah tidur dan impotensi.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: