LEBAH MADU

29 03 2009

1.KOLONI LEBAH MADU DAN DISTRIBUSI TUGAS

Lebah Madu (Apis sp) merupakan insekta social yang hidup dalam suatu keluarga besar yang disebut koloni lebah dengan sifat polimorfisme dimana setiap anggota koloni memiliki keunikan anatomis, fisiologis dan fungsi biologis antar golongan yang sangat berbeda. Jumlah populasi koloni tergantung dari kualitas dan potensi lebah madu itu sendiri. Koloni madu terdiri dari tiga kasta yaitu:
a.    Lebah Ratu (Queen)
Lebah ratu hanya seekor tanpa raja. Warna lebah ratu biasanya merah tua dan dua kali lipat lebih panjang dan 2,8 kali berat dari lebah pekerja. Memiliki ovipositor dan sengat. Ovarium lebah ratu berkembang sempurna sehingga mampu bertelur 1500 – 2000 butir perhari. Tugas utama lebah ratu adalah bertelur terus – menerus agar bisa terjadi regenerasi baru.

b.    Lebah Jantan (Drone)
Lebah jantan bertugas mnegawini ratu perawan atau calaon lebah ratu dan bertugas untuk menjaga sarang serta membersihkan sarang dari kotoran. Mata dan sayapnya lebih besar dari lebah pekerja. Warna kehitaman dengan dengungan suara agak keras. Kakinya tidak berkeranjang pollen dan tidak berselang pipa penghisapo madu di bibir, tidak berkelanjar malam dan tidak memiliki sengat.
c.    Lebah Pekerja (Worker Bees)
Lebah pekerja merupakan lebah betina yang alat perkembangbiakannya tidak sempurna. Ukuran tubuh lebah pekerja lebih kecil daripada lebah ratu dan lebah jantan. Bentuk tubuh lebih ramping, warna hitam kecoklatan, ekor bersengat lurus dan berduri. Sengatan lebah pekerja hanya bisa digunakan sekali selama hidupnya dan sesudah itu langsung mati tetapi lebah pekerja memiliki indra yang taja terhadap rumah dan kualitas makanan.
Setelah lahir, lebah pekerja menjadi lebah rumah tangga dengan tugas pokok membersihkan bilik-bilik kosong agar bisa digunakan kembali. Kemudian menjadi lebah pekerja yang bertugas menjaga dan memveri makan larva. Tugas berikutnya, membangun bilik baru dan memperbaiki bilik lama. Setelah itu lebha pekerja mulai bekerja menyimpan madu dengan tugas pokok memproses nectar menjadi madu, memeram madu dan mencampur madu dengan tepung sari.
Lebah pencari pakan merupakan lebah pekerja tertua dan tergesit dengan tugas mengumpulkan dan mencari serbuk sari dan nectar.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: